Lompat ke konten

Antisipasi Banjir saat Pemilu 2024, 195 TPS Panggung Disiapkan di Pekalongan

PEKALONGAN, Lingkar.news – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang  menyiapkan 195 tempat pemungutan suara (TPS) panggung dari 881 TPS di sejumlah titik rawan banjir di 4 kecamatan setempat.

Ratusan TPS itu terdiri atas 96 TPS berada di wilayah Pekalongan Barat, 68 di Kecamatan Pekalongan Utara, 21 di wilayah Kecamatan Pekalongan Timur, dan 10 di Kecamatan Pekalongan Selatan.

Ketua KPU Kota Pekalongan Fajar Randi, pada Kamis, 11 Januari 2024 mengatakan bahwa, pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 diperkirakan memasuki puncak curah hujan sehingga perlu didirikan TPS panggung agar logistik aman dan pemilih tidak terganggu saat akan melakukan pencoblosan.

TPS Panggung Disiapkan untuk Wilayah Rawan Banjir di Pekalongan

“Tempat pemungutan suara panggung ini didesain tidak jauh berbeda seperti layaknya tempat pemungutan suara biasa. Namun, tempat pemungutan suara ini berbentuk panggung sebagai bentuk antisipasi saat hari H pemungutan suara di wilayah itu terjadi banjir atau rob,” kata Fajar.

Kebijakan pendirian TPS panggung, kata dia, dengan mempertimbangkan apabila ketika di wilayah tersebut tidak ada lagi tempat untuk melakukan pemungutan suara karena terdampak banjir dan rob.

“Sebenarnya, perlakuannya hanya untuk mengamankan logistik pemilu agar tidak basah atau rusak. Adapun untuk proses pemungutan suara, sama seperti tempat pemungutan suara pada umumnya,” jelasnya.

Fajar Randi mengatakan, pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait telah melakukan rapat koordinasi terkait tantangan dan hambatan menuju pelaksanaan Pemilu 2024.

“Kami berharap BPBD dan instansi-instansi terkait lainnya bisa mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024. Kami sudah sampaikan mereka terkait pemetaan potensi lokasi rawan banjir,” pungkasnya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)