Lompat ke konten

Amankan Natal dan Tahun Baru di Jateng, 15.250 Personel Gabungan Disiagakan

SEMARANG, Lingkar.news – Sebanyak belasan ribu personel polisi, TNI, dan pemangku kepentingan terkait lainnya dikerahkan untuk menjaga keamanan dan kelancaran perayaan Natal dan tahun baru di wilayah Jawa Tengah.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol.Ahmad Luthfi di Semarang, Jumat, 22 Desember 2023 mengatakan, belasan 15.250 personel akan disebar di 278 pos pengamanan dan pelayanan yang sudah didirikan dan difungsikan.

Menurut dia, kenaikan signifikan diperkirakan akan terjadi pada arus kendaraan dari wilayah barat yang akan masuk ke Jawa Tengah melalui jalur tol.

Ia menjelaskan kenaikan arus kendaraan sudah mulai terlihat sejak awal pekan.

“Sejak Senin tercatat sudah ada kenaikan jumlah kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah sekitar seribu kendaraan per hari,” katanya.

Ia menuturkan puncak arus kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah melalui jalur tol menjelang libur akhir tahun diperkirakan terjadi pada 23 dan 24 Desember 2023.

“Pada saat puncak tanggal 23 dan 24 Desember diperkirakan akan masuk 34 ribu kendaraan melalui gerbang Tol Kalikangkung,” katanya.

Ia menyebut warga yang akan masuk ke Jawa Tengah di masa libur akhir tahun tersebut meningkat hingga 143 persen dibanding tahun lalu.

Oleh karena itu, ia meminta pos tinjau dan tim urai disiapkan untuk memecah kepadatan arus kendaraan saat waktu puncak.

“Pengalaman tahun lalu, kemacetan terjadi di sekitar rest area,” katanya.

Kepada masyarakat yang akan pulang ke kampung halaman saat libur Natal dan tahun baru, ia mengimbau untuk menyiapkan kendaraan serta kesehatan saat akan melakukan perjalanan.

“Kalau membutuhkan bantuan jangan segan-segan meminta bantuan petugas kepolisian,” katanya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)