Lompat ke konten

Kunjungi Sukoharjo, Pemkab Jepara Belajar Cara Cepat Turunkan Stunting

JEPARA, Lingkarjateng.id – Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta mengunjungi pembudidayaan alga di Desa Pundungrejo, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, pada Senin, 5 Juni 2023.

Selain mengunjungi pembudidayaan alga, Pj. Bupati Jepara juga berkesempatan melihat secara langsung produksi suplemen alga di PT. Botryo Herba Bioteknologi Sukoharjo.

Kunjungan tersebut dalam rangka Benchmarking (pembandingan) guna percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Jepara.

Pemkab Jepara Manfaatkan Suplemen Alga dan Olahan Ikan Laut Cegah Stunting

Pj Bupati Jepara mengaku, lawatannya tersebut untuk melihat lebih dekat upaya penurunan stunting di Kabupaten Sukoharjo. Termasuk melihat budidaya alga yang digunakan sebagai bahan suplemen bayi di bawah dua tahun (baduta) penderita stunting.

Turut hadir mendampingi Pj Bupati Jepara di antaranya, sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Jepara. Rombongan disambut langsung oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

“Kami ingin belajar dengan Kabupaten Sukoharjo, bagaimana cara cepat menurunkan angka stunting,” kata Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta.

Diketahui, masih ada sekitar 5.385 bayi penderita stunting di Kabupaten Jepara yang perlu dilakukan intervensi secara cepat agar terbebas dari stunting.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Jepara mengunjungi kolam alga. Kolam alga merupakan demplot stunting yang berhasil membantu dalam penanganan stunting di Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto. Hal ini karena, alga dimanfaatkan sebagai multivitamin dan mineral alami untuk balita penderita stunting.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, alga spirulina menjadi salah satu faktor penting keberhasilan penanganan stunting di Sukoharjo.

“Dengan suplemen ini, mampu menekan dengan cepat angka stunting di Sukoharjo,” kata Bupati Etik.

Bupati Etik mengatakan, kerja sama berbagai pihak juga berperan besar dalam menurunkan angka stunting.

Ia juga mengatakan, Anting Di Gana atau Atasi Anak stunting merupakan inovasi potensi lokal berupa pemanfaatan alga sebagai superfood, dalam strategi percepatan penanganan kasus stunting di Kabupaten Sukoharjo tahun 2023.

“Pemanfaatan algae, sebagai multivitamin dan mineral alami untuk balita stunting,” tutur Bupati Etik.

Hal ini karena, lanjutnya, alga merupakan tumbuhan sel satu, berukuran mikroskopis, berwarna hijau kebiruan, berfotosintesis seperti tumbuhan, yang mengandung protein, mineral, vitamin, serta antioksidan tinggi. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)