Lompat ke konten

9783 Porsi Pindang Serani Jepara Berhasil Catatkan Rekor MURI

JEPARA, LINGKAR – Pemerintah Kabupaten Jepara berhasil pecahkan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sajian Pindang Serani Terbanyak dengan 9783 porsi di Pendopo RA Kartini Jepara dalam acara Karnaval Hari Kartini yang ke 145 pada Jumat (26/4).

Hadir dalam acara tersebut PJ Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten Jepara, Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Kabupaten Jepara, Perwakilan Rekor Muri Indonesia, dan masyarakat Jepara umumnya.

Pada kesempatan ini PJ Bupati Jepara Edy Supriyanta menjelaskan bahwa tepat 60 tahun yang lalu yaitu pada tahun 1964, RA Kartini ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Indonesia Pertama Ir. Soekarno. Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 108 tahun 1964.

“RA Kartini merupakan pahlawan kemerdekaan Nasional, bukan hanya sebatas Emansipasi Wanita,” kata Edy saat memberikan sambutan pada pembukaan Karnaval Hari Kartini di Pendopo RA Kartini Jepara (26/4).

Ia menambahkan pada masa perjuangan RA Kartini, jauh sebelum kemerdekaan Indonesia, beliau telah membangkitkan semangat kebangsaan dan nasionalisme. Dengan gagasan dan ide dari RA Kartini telah memperjuangkan bangsa agar mendapatkan persamaan hak dan pendidikan, serta meningkatkan kesejahteraan kaum wanita.

“Ide dan gagasan tersebut yang kini kami kuatkan kepada generasi muda Jepara,” tambahnya.

Maka sesuai dengan tema kegiatan ini yaitu ‘Gelora Semangat Kartini untuk Ekonomi Jepara yang Maju dan Inklusif’. Ia mengajak para warga Jepara untuk semangat dalam membangun Jepara agar makin makmur dan sejahtera.

Ia mengakui kegiatan hari ini dihadiri oleh puluhan ribu masyarakat Jepara yang berbondong-bondong untuk menyantap Pindang Serani secara gratis. Pindang serani merupakan makanan khas Jepara, dengan cita rasa asem, asin, gurih dan pedas.

“Banyak potensi ikan pindang yang ada di kabupaten Jepara, maka perlu kita perkenalkan kembali sesuatu yang sudah menjadi ciri khas disini,” ungkapnya.

Sementara itu Perwakilan dari Rekor Muri Indonesia Sri Widayati menjelaskan bahwa kegiatan pemecahan rekor penyajian Pindang Serani terbanyak merupakan kegiatan dari Karnaval Hari Kartini yang diselenggarakan di Pendopo RA Kartini. Awalnya Pemkab Jepara mempersiapkan 9200 porsi Pindang Serani untuk disajikan pada kegiatan pemecahan Rekor Muri Indonesia.

“Setelah kami lakukan perhitungan porsi Pindang Serani yang disajikan jumlahnya lebih dari 9200, yaitu dengan 9783 porsi,” katanya kepada Lingkar Jateng.

Ia menambahkan Pindang Serani merupakan makanan khas Jepara yang mengangkat kearifan lokal, maka Museum Rekor Indonesia tidak hanya mencatatkan sebagai rekor Muri Indonesia, bahkan dunia. Jelasnya

Ia Juga sangat mengapresiasi pemkab Jepara yang mau mengangkat makanan khas daerah ke tingkat nasional.

“Semoga dengan adanya Rekor Muri Pindang Serani bisa menarik pecinta kuliner dan wisatawan yang berkunjung ke Jepara. Dengan memakan ikan dapat juga mencegah terjadinya stunting di Jepara,” harapnya.

Acara di awali dengan karnaval dengan Penampilan Perempuan Jepara yang memakai pakaian adat Jawa (kebaya) layaknya RA Kartini pada zaman dulu. Kemudian dilanjutkan dengan penyajian Pindang Serani untuk masyarakat, serta lomba memasak Pindang Serani untuk tingkat Forkopimda dan OPD kabupaten Jepara. (MUHAMMAD AMINUDIN/LINGKAR)