Lompat ke konten

16 Peserta Ikuti Pelatihan Kejuruan Menjahit di BLK Demak

DEMAK, Lingkar.news – Sebanyak 16 peserta mengikuti pelatihan kejuruan menjahit di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Diketahui, kejuruan menjahit merupakan salah satu kejuruan yang dibuka oleh BLK Demak pada tahap kedua tahun 2023. Sebagian besar peminat kejuruan tersebut adalah perempuan.

Salah satu peserta kejuruan menjahit, Ahmad Saifudin (27) dari Desa Karangtowo, Kecamatan Karangtengah mengatakan bahwa, dirinya mengikuti pelatihan dengan mengambil kejuruan menjahit di BLK Demak, berharap supaya mendapat bekal untuk bekerja di pabrik garmen ke depannya.

16 Peserta Ikuti Pelatihan Kejuruan Sepeda Motor di BLK Demak

“Saya baru kali ini belajar menjahit, karena saya ingin kerja di pabrik garmen. Maka dari itu, saya ikut pelatihan dengan kejuruan ini supaya nantinya bisa mendapatkan pengalaman tentang menjahit,” kata Saifudin.

Selain itu, Saifudin juga mempunyai impian bisa membuka usaha sendiri, setelah dirinya lulus dari BLK Demak.

“Saya juga ingin membuka usaha sendiri dalam bidang menjahit. Tapi karena modal belum mencukupi, rencananya saya milih kerja dulu sambil ngumpulin modal,” jelasnya.

BLK Demak Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap 2, Ada 5 Kejuruan

Sementara itu peserta pelatihan BLK Demak lainnya, Khoirotun Nisa yang berasal dari Desa Bunderan Kecamatan Wonosalam, juga mengatakan bahwa dirinya baru pertama kali belajar menjahit.

“Awalnya ada informasi dari teman kalau di BLK Demak membuka pelatihan, lalu saya coba ikut mendaftar dan memilih kejuruan menjahit,” kata Nisa.

Senada dengan Saifudin, Nisa juga mempunyai keinginan bekerja di pabrik garmen, setelah dirinya lulus dari BLK Demak. Sehingga, lanjutnya, dirinya bisa membantu perekonomian keluarga.

“Sebelumnya, saya hanya membantu nenek berjualan di pasar. Semoga dengan mengikuti pelatihan di BLK Demak bisa mendapatkan bekal menjahit dan bisa kerja di garmen,” ucapnya. (Lingkar Network | Muhammad Burhanuddin Aslam – Koran Lingkar)